contoh program untuk merepresentasikan model obyek segiempat 2D. OpenGL memiliki beberapa komponen dasar untuk merepresentasikan suatu obyek. Komponen dasar tersebut, disebut sebagai OpenGL Geometric primitives. Gambar 2 menggambarkan semua OpenGL Geometric primitives yang tersedia.

openGL Primitives
Setiap obyek harus dimodelkan sebagai kombinasi dari komponen-komponen dasar tersebut. Sebagai contoh, obyek segiempat pada tutorial 01 tersebut dimodelkan dengan menggunakan komponen dasar GL_POLYGON. Obyek tersebut dapat pula dimodelkan dengan komponen dasar GL_TRIANGLES atau pun GL_QUAD.
Secara umum perintah-perintah dalam OpenGL memenuhi aturan sebagai berikut:

openGL Commands
Dalam OpenGL, menggambar geometric primitives selalu dilakukan di antara fungsi
glBegin(PRIMITIVES)
// Fungsi Menggambar Primitives di sini
glEnd()
Setiap OpenGL geometric primitive dispesifikasi oleh urutan vertex-vertex-nya dalam bentuk urutan koordinat homogenous. Koordinat homogenous adalah koordinat dalam bentuk ( x, y, z, w ). Setiap primitive memiliki standar tentang bagaimana vertex-vertex diorganisasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar